Tips Mencegah dan Menghapus Program Startup Windows untuk Mempercepat Komputer saat Dihidupkan

Kadangkala ketika suatu program diinstal, maka program tersebut membuat suatu pengaturan yang memungkinkan ia berjalan dengan sendirinya saat komputer dihidupkan. Hal ini tentunya berdampak pada waktu bagi komputer untuk booting yang terpakai untuk menjalankan program-program tersebut, sehingga memperlama waktu komputer untuk masuk ke dalam sistem operasi Windows dan siap untuk digunakan. Apalagi jika program tersebut adalah malware (program jahat: virus komputer), maka hal tersebut akan sangat memperburuk kinerja komputer dan membuat malware tersebut sangat sulit untuk dihapus. Berikut ini saya paparkan langkah-langkah untuk mencegah dan menghapus program Startup di Windows 7 (untuk versi Windows yang lainnya mungkin tidak jauh berbeda):

Mencegah Program Startup untuk berjalan:

  1. Tekan Tombol Windows (jangan lepaskan) lalu tekan tombol R pada keyboard.

     


     

  2. Kemudian muncul kotak dialog Run, lalu ketikkan msconfig lalu tekan ENTER atau klik OK.

     


     

  3. Lalu Anda akan masuk pada menu System Configuration, dan pada Tab Startup jangan centang program-program yang tidak ingin dijalankan pada saat komputer dihidupkan lalu klik OK kemudian restart komputer Anda.

     


     

  4. Program dan aplikasi yang tidak dipilih tersebut tidak akan dijalankan saat komputer dihidupkan sehingga mempercepat waktu untuk menghidupkan komputer.

Menghapus Program dari Daftar Startup:

Untuk menghapus program secara permanen dari daftar Startup Windows, misalnya karena program tersebut adalah virus, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Tekan Tombol Windows (jangan lepaskan) lalu tekan tombol R pada keyboard untuk menjalankan kotak dialog Run kemudian ketikkan regedit lalu tekan ENTER atau klik OK.

     


     

  2. Kemudian akan muncul menu Registry Editor. Lalu double click
    HEY_LOCAL_MACHINE kemudian SOFTWARE kemudian Microsoft kemudian Shared Tool kemudian Msconfig kemudian Startupreg.

     


     

  3. Kemudian hapus program yang diinginkan satu persatu dengan cara klik kanan pada folder aplikasi tersebut lalu pilih delete. PERHATIAN: Pastikan program yang dihapus adalah program yang benar-benar tidak lagi diinginkan dan tidak akan mengganggu program kinerja komputer.
  4. Jika sudah, tutup Registry Editor lalu Restart komputer Anda.
  5. Selesai. Pastikan program tersebut telah terhapus dari daftar Startup dan rasakan proses menghidupkan komputer menjadi lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s